KPU Kapuas Hulu Turunkan 805 PPDP Untuk "Coklit" Data Pemilih

By Operator teknis // Sabtu, 18 Juli 2020 // 04:10 WIB // KPU KAPUAS HULU

Komisi Pemilihan Umum Kapuas Hulu, Kalimantan Barat secara resmi menurunkan 805 Petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada serentak Tahun 2020 di daerah tersebut.

" Ada 805 PPDP yang akan mendatangi rumah - rumah masyarakat secara serentak mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020, untuk melakukan Coklit data pemilih dan hari ini KPU lakukan Coklit serentak," kata Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani saat memimpin Apel Kesiapan Coklit serentak, di halaman Sekretariat KPU Kapuas Hulu, di Putussibau Utara, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu.

Disampaikan Yani, ada tiga hal yang akan dilakukan oleh PPDP saat melaksanakan Coklit, diantarnya yaitu, pertama mencatat pemilih yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, namun belum tercantum dalam daftar pemilih, misal pemilih pemula yang telah berusia 17 tahun pada saat hari pemunggutan suara.
Kedua, mencoret data pemilih yang tidak memenuhi syarat, misalnya telah meninggal dunia, ganda, di bawah umur dan pindah domisili.

Ketiga, memperbaiki data pemilih jika tidak cocok atau keliru dalam penulisan elemen datanya atau terjadi perubahan data, misalnya nomor induk kependudukan, nomor kartu keluarga, ejaan nama, tanggal lahir dan status.

" Setelah itu petugas akan memberikan tanda bukti telah terdaftar sebagai pemilih (formulir model A.A.1 - KWK) kepada pemilih yang bersangkutan berdasarkan jumlah kepala keluarga dalam satu rumah," ucap Yani.

Menurut Yani, Pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan krusial dan strategis bagi terselenggaranya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu, dan sangat penting dalam menentukan tahapan pemilihan mulai dari penentuan Tempat pemungutan suara (TPS), Alokasi logistik, pola sosialisasi pemilihan, kampanye, rekapitulasi hasil suara dan lainnya.

" Teman - teman PPDP ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, maka lakukanlah dengan sungguh - sungguh dan penuh tanggungjawab agar menghasilkan data yang akurat, transparan dan berkualitas," kata Yani.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan setiap tahapan Pilkada terutama terkait Coklit karena hal tersebut sebagai penentu daftar pemilih di masyarakat.

 

Sumber : Antaranews.com

Share Post: