Bimbingan Teknis Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (PPDK) Keterangan Foto : Anggota KPU Divisi Hukum Rita, S.H sedang menyampaikan materi Sidakam

Bimbingan Teknis Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (PPDK)

Teknis dan Hupmas, Putussibau 11 Desember 2018. Bimbingan teknis dilaksanakan di Aula Hotel Mitra Sentosa Putussibau dimulai pukul 9.00 WIB  selesai pukul 15.00 WIB, dan dihadiri Pimpinan Parpol dan Operator SIDAKAM, Bawaslu.

        Dalam bimbingan teknis  ini di titik beratkan pada pelaporan penerimaan sumbagan dana kampanye (LPSDK) dan laporan penerimaan dan pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) peserta Pemilihan Umum Tahun 2019, laporan ini dibuat dengan menggunakan Aplikasi yang biasa di sebut Sistem Pelaporan Dana Kampanye (SIDAKAM).

        Rita selaku Anggota membidangi Divisi Hukum mengatakan “Partai Politik sebagai peserta Pemilu tahun 2019 tingkat Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan kampanye tentunya memerlukan pendanaan. Pendanaan Kampanye sebagaimana dimaksud yaitu berupa pemasangan Alat Peraga Kampanye di tempat umum, penayangan iklan kampanye dan debat pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

        Lebih lanjut Rita menambahkan “Peserta Pemilu wajib menyampaikan Laporan Dana Kampanye yang meliputi Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), LADK adalah pembukuan yang memuat informasi RKDK, sumber perolehan saldo awat atau saldo pembukaan, rincian perhitungan penerimaan dan pengeluaran yang diperoleh sebelum pembukaan rekening dana kampanye, Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) adalah pembukuan yang memuat seluruh penerimaan yang diterima Peserta Pemilu setelah LADK disampaikan ke KPU Kabupaten/Kota, laporan –laporan penerimaan di input didalam aplikasi SIDAKAM. (HL/DP)