Cek Nama Anda di DPT Pilkada 2015 disini
Sabtu, 10 Oktober 2015 - 16:00:59 WIB
DPT Kapuas Hulu 171.780 Pemilih
Diposting oleh : Admin
Kategori: Berita KPU - Dibaca: 1920 kali

Putussibau

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (2/10) sore menetapkan 171. 780 orang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kapuas Hulu 9 Desember mendatang.

Penetapan melalui pleno tersebut dihadiri seluruh Komisioner KPU beserta perwakilan dari Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati AM Nasir SH-Antonous L Ain Pamero SH MH dan Fransiskus Diaan SH-Andi Aswad SH serta unsur terkait lainnya.

Ketua KPU Kapuas Hulu, Lisma Roliza mengatakan, setelah DPT ini ditetapkan, akan diumumkan di tempat-tempat yang mudah diakses seluruh lapisan masyarakat Kapuas Hulu.

“Pekan lalu kami sudah menyelenggarakan pleno terbuka rekapitulasi DPSHP (Daftar Pemilihan Sementara Hasil Perbaikan) dan penetapan pemilih tetap dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu 2015,” kata Lisma.

Pleno DPT untuk Pilkada Kapuas Hulu berlangsung lancar. Namun ada beberapa pertanyaan dari perwakilan Paslon, terkait pengurangan data pemilih karena meninggal dunia, pindah domisili, alih status dan pemilih terdaftar ganda.

"Karena setelah dilakukan perbaikan, ada selisih kurang lebih 600 pemilih. Terutama untuk di daerah Badau, ada sedikit berkurang karena adanya pemilih yang pindah," ungkap Lisma.

Jumlah DPT Kapuas Hulu 171. 780 orang itu tersebar di 282 desa yang memiliki 785 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Rinciannya 87.621 pemilih perempuan dan 84.159 laki-laki. 

“Nanti diumumkan pada sejak 12 hingga 19 Oktober oleh masing-masing PPS (Panitia Pemungutan Suara). Di tempat-tempat umum yang mudah diakses oleh masyarakat. Misalnya di Sekretariat PPS atau di Sekretariat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan),” terang Lisma.

Ditambahkan Lisma, bagi yang belum terdaftar dalam DPT, bisa masuk Daftar Pemilih Tambahan 1 yang dimulai 13 hingga 20 Oktober mendatang. Dengan membawa dokumen kependudukan untuk ditunjukkan kepada PPS.(adm)